Minggu, 20 September 2009

Tips Memegang Kemudi

Kemampuan untuk mengendalikan kemudi dengan “TEPAT” pada kecepatan yang tinggi dan untuk waktu yang lama adalah salah satu unsur penting bagi seorang pembalap untuk mencapai kemenangannya. Tentu saja, setiap pengemudi tahu tentang mengemudi. Tapi lain halnya jika sudah mengemudi dengan kecepatan tinggi. Pada kecepatan yang sangat tinggi, kemudi menjadi sangat sensitif. Oleh karena itu banyak mobil balap yang tidak memakai Power Steering agar kemudi tidak terlalu sensitif. Jadi pembalap sering merasakan kelelahan karena kemudi yang berat.

Posisi badan sangat menentukan dalam mengemudi. Banyak pengemudi yang mengabaikan posisi badan yang benar, karena mereka mungkin belum tahu efeknya. Banyak yang duduk terlalu dekat dengan lingkar kemudi, dengan alasan agar kaki mereka bisa menginjak pedal. Dengan posisi yang terlalu dekat seperti ini, posisi tangan akan tertekuk dalam, bahkan siku cenderung nempel sama badan. Dengan posisi ini, bisa dikatakan mustahil bisa memainkan kemudi dengan “HALUS” dan “TEPAT”. Padahal kehalusan dan ketepatan dalam mengemudi mobil balap adalah keharusan. Mengemudikan mobil balap dengan cara kasar seperti mobil biasa akan berakibat “FATAL”

Posisi yang yang tepat dalam mengemudi adalah, badan harus rileks, jangan terlalu tegak, jangan terlalu dekat juga jangan terlalu jauh “seperti anak anak gaul kalo lagi setir mobil”. Lengan harus dapat bergerak dengan bebas, terhindar dari nyangkut di badan, namun diusahakan bahu jangan ikut ikut bergerak. Biasanya pangkal lengan terhadap badan adalah 45 derajat sedangkan lengan bawah dengan siku membentuk sudut 90 derajat.

Posisi tangan yang tepat biasanya berada pada arah posisi jam 10 dan jam 2. Dengan posisi seperti ini kemudi dapat kita kendalikan dengan mudah dan ringan, kedua tangan bisa salng bergantian memutar kemudi. Posisi lain yang nyaman adalah pada arah posisi jam 9 dan jam 3, dengan posisi ini tangan kita akan terasa lebih santai karena tangan tertahan oleh palang tengah kemudi. Posisi ini cocok untuk lintasan yang banyak tikungan, karena jarak main tangan akan lebih jauh dalam memutar setir. Tangan bisa memainkan kemudi dengan halus dan mengurangi kelelahan.

Semoga tulisan ini bisa berguna untuk meningkatkan kemampuan mengemudi Anda. Saya sih sudah mengalami. Dan ingat ! Jangan pernah memutar kemudi dengan kasar dan tiba tiba, sangat berbahaya, mobil bisa jadi liar dan tidak bisa dikendalikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar